Cara Menjaga Kehamilan Untuk Mencegah Keguguran

cara menjaga kehamilan

Keguguran merupakan kejadian yang sungguh sangat tidak diharapkan oleh semua pasangan suami istri, apalagi bagim mereka yang belum sama sekali memiliki anak. Ya, anak memang merupakan karunia Tuhan yang tidak terhingga nilainya. Anak adlah harta tak ternilai yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Meskipun pada hakikatnya anak merupakan titipan dari Tuhan, namun rasa memiliki terhadap anak tersebut sangat besar. Bisa kita bayangkan jika seorang ibu mengalami keguguran. Tekanan psikologis terhadap jiwa sang ibu akan sangat besar. Apalagi keguguran yang terjadi dikarenakan adanya kelalaian dari para orang tuanya, sudah barang tentu perasaan bersalah akan terus menghinggapi sampai kapanpun. Kondisi ini mestinya bisa usahakan untuk tidak terjadi, meskipun pada akhirnya takdir Tuhan juga lah yang menentukan. Namun, setidaknya ada usaha kita untuk menjaga kehamilan untuk mencegah terjadinya keguguran. Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa cara menjaga kehamilan untuk mencegah keguguran.

Ada beberapa cara menjaga kehamilan yang bisa dilakukan oleh seorang ibu hamil agar resiko keguguran bisa diminimalisir. Cara – cara tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Hindari melakukan aktifitas yang berat saat hamil. Pada saat hamil, seorang ibu mengalami tekanan darah yang rendah. Sehingga ibu mudah mengalami kelelahan bahkan hingga pingsan. Nah, pada kondisi ini disarankan ibu hamil tidak boleh melakukan pekerjaan yang terlalu berat.
  2. Kendalikan emosi saat hamil. Tidak ada penyebab pasti kenapa ibu hamil rentan dan mudah terbawa emosi. Untuk itu, seorang ibu hamil harus semampu mungkin mengendalikan emosinya, agar tidak memberikan pengaruh buruk terhadap janin yang sedang dikandungnya.
  3. Asupan nutrisi ibu hamil yang cukup. Ibu hamil harus memperoleh nutrisi yang memiliki gizi yang lengkap dan sempurna. Hal ini sangat penting, karena nutrisi yang dikonsumsi akan mempengaruhi perkembangan janin yang dikandung
  4. Hindari kebiasaan buruk saat hamil. Kebiasaan buruk yang harus dihindari oleh ibu hamil diantaranya merokok, minum minuman keras, menggunakan obat terlarang, menghindari kafein, menghindari alcohol dan lain – lain.
  5. Secara rutin konsultasi ke bidan atau dokter kandungan. Hal ini dilakukan untuk memeperoleh informasi tentang tumbuh kembang bayi dalam kandungan.
  6. Hindari Stress selama hamil. Keguguran bisa disebabkan karena sang ibu mengalami stress yang berlebihan
  7. Senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT agar proses kehamilan hingga kelahiran selalu dalam lindungan Allah SWT

Demikian beberapa cara menjaga kehamilan untuk mencegah terjadinya keguguran yang sungguh sangat tidak diinginkan oleh siapa pun.

Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.