Stimulasi Anak Usia 3 Sampai 6 Tahun


Menstimulasi perkembangan anak sudah menjadi tanggung jawab setiap orang tua, apalagi memiliki anak usia 3 sampai 6 tahun adalah waktu yang tepat untuk memberikan stimulasi yang bagus untuk pertumbuhan fisik dan otaknya.

Untuk anak usia 3 sampai 6 tahun, stimulasi yang diberikan harus sesuai, salah satunya adalah untuk stimulasi kecerdasan bahasanya adalah orang tua harus banyak memberikan stimulasi khusus seperti mengajak anak untuk berkomunikasi, bercerita, berdiskusi mengenai sebab dan akibat, memberikan kesempatan kepada anak untuk berpidato atau bercerita, dan juga melatih anak untuk memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapinya. Tentu bukan hal yang mudah untuk Anda lakukan sebagai orang tua, ini perlu teknik khusus dan juga pemahaman mengenai Stimulasi Anak yang baik dan benar agar dapat diterima oleh anak.

Begitu juga dengan kecerdasan logika anak, orang tua harus bisa mengenalkan berbagai macam bentuk kata, hitungan, huruf, angka, dan yang berhubungan dengan matematis. Untuk kecerdasan visual spasial anak, orang tua harus bisa mengajak anaknya menggambar, membaut prakarya atau kerajinan tangan, berjalan-jalan sambil menjelaskan dan mengenalkan anak pada sesuatu yang belum diketahuinya secara langsung. Sementara itu, Stimulasi Anak untuk kecerdasan kinestetiknya bisa Anda lakukan dengan menari, olahraga, dan juga melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya untuk mengembangkan motorik kasar dan motorik halus anak. 

Mengajarkan anak untuk mengantri di tempat umum, bersabar dan juga menunggu dalam situasi tertentu untuk melatih dirinya. Untuk kecerdasan interpersonal, orang tua bisa mengajak anak untu berempati, berinteraksi dengan orang lain, melakukan permainan kelompok, bermain peran, dan juga melatih anak untuk bersikap asertif. Dan yag terakhir melatih kecerdasan naturalis, orang tua bisa mengjak anak untuk mengenalkan hewan, tumbuh-tumbuhan, berkeliling di taman, ke pantai dan lainnya.

Dukung juga anak Anda untuk mmenuhi asupan nutrisinya setiap hari dengan memberikan susu Dancow sesuai tahapan usianya, sehingga anak menjadi aktif dan tanggap sesuai dengan karakteristik anak, berikan pula Stimulasi Anak yg baik untuk perkembangan otaknya.
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment