5 Penyebab Anak Mengalami Susah BAB


Mengetahui buah hati tercintanya mengalami masalah buang air besar (BAB) bagi orang tua tentunya akan cukup mengganggu sekaligus khawatir. Apalagi melihat usia anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, adanya masalah anak susah bab dapat menjadi pengganggu pertumbuhannya yang optimal. Dari itu maka sebagai orang tua harus tau apa saja yang dapat dilakukan agar buah hati tercinta tidak mengalami masalah bab.

Dengan mengetahui sejak awal apa saja yang menjadi penyebab anak susah bab maka dalam penanganan yang diberikan dapat dlebih mudah dan tepat. Untuk itu berikut ini ada 5 penyebab dari anak mengalami susah bab.

Asupan makanan anak yang kurang serat. Makanan yang banyak mengandung serat merupakan jenis makanan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan, namun jenis makanan ini pada umumnya kurang disukai oleh anak. Akibatnya anakpun kekurangan serat dan berakibat pada sistem pencernaan anak yang terganggu.
Konsumsi makanan yang kurang. Akibat kurang mengkonsumsi makanan berserat, anak-anak pun biasanya juga sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat seperti makanan siap saji atau junk food. Jenis makanan ini sebenarnya tidak terlalu baik bagi anak-anak karena kandungan gizinya yang kurang baik.

Mengalami masalah penyakit tertentu. Masalah penyakit tertentu seperti anak sedang demam, diare, muntah-muntah dan yang lainnya juga dapat memicu anak mengalami yang namanya susah buang air besar. Hal ini karena menurunkan cairan yang ada dalam tubuh anak.

Kebiasaan tidak rutin dalam BAB. Anak-anak yang terbiasa bahkan sering menahan saat bab, juga dapat berpengaruh akan bab kedepannya. Jika terus ditahan selain sakit, dalam tinja yang dikeluarkan akan lebih keras yang membuatnya sulit bab.

Ada faktor keturunan. Faktor ini juga bisa berpengaruh kepada anak, mereka yang orang tuanya dari kecil pernah mengalami hal ini besar kemungkinan untuk anaknya juga dapat mengalami hal yang sama. Dari itu kalau hal ini terjadi maka dari awal sebagai orang tua harus dapat memperhatikan akan asupan makanan yang dikonsumsi anak sehingga tidak berdampak pada kesehatannya.
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment