Kelebihan Asuransi Syariah yang Penting Diketahui

Kelebihan Asuransi Syariah yang Penting Diketahui
Mengenal istilah asuransi syariah bagi sebagian dari kita mungkin masih asing walaupun dalam segi agama istilah syariah bukanlah hal yang asing. Akan tetapi untuk istilah asuransi syariah mungkin masih agak asing. Padahal jika melihat dari fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan dengan asuransi syariah ternyata banyak manfaatnya dan kelebihannya yang berbeda dari asuransi yang konfesional.

Adanya asuransi syariah ini menjadi penting diketahui karena bisa menjadi solusi yang terbaik khususnya bagi muslim yang menginginkan asuransi yang terbebas dari pengaruh sistem keuangan yang tidak sesuai dalam ajaran Islam. Untuk lebih jelasnya akan masalah asuransi syariah ini terutama mengenai kelebihannya berikut ini diantaranya.

Adanya kontrak tolong menolong. Dalam asuransi syariah diterapkan sistem tabaduli dalam kontrak jual belinya. Dalam kontraknya biasa disebut dengan takafuli yakni sistem tolong menolong antara seorang nasabah dengan nasabah yang lainnya. Dengan begitu dalam prakteknya semuanya saling menolong dan membantu.

Pengelolaannya yang terhindari dari unsur yang diharamkan. Di asuransi syariah dijamin terhindar dari berbagai unsur yang menjadikan sistem keuangannya tercampur dengan sistem riba, gharar (ketidakjelasan), dan juga maisir (judi). Dengan begitu penyimpanan dana anda di asuransi syariah menjadi lebih aman.

Adanya investasi dana yang sesuai dan dipergunakan dalam prinsip syariah. Pengelolaan dalam sistem asuransi syariah semuanya dilakukan menggunakan sistem syariah yang jauh dari sistem yang merugikan. Cara syariah ini tidak hanya dalam pengelolaan keuangan tetapi juga saat dana investasi tersebut digunakan untuk perusahaan asuransi semuanya sesuai dengan prinsip syariah.

Tidak mengenal dana hangus. Mengenal asuransi syariah juga terbebas dari dana yang hangus karena peserta asuransi tidak bisa membayar sesuai waktu jatuh tempo. Hal ini karena prinsipnya yang menggunakan wadiah (titipan), sehingga dana bisa dikembalikan kepada pemiliknya jika ingin diambil.
Untuk anda yang ingin berasuransi di asuransi syariah maka sebagai pilihan yang tepat bisa dilakukan di Chubb Syariah yang merupakan asuransi syariah terpercaya dan pastinya bisa menjadi pilihan yang tepat.
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment