Jenis Gula Kuning dan Bagaimana Penggunaannya

Gula Kuning
Gula Kuning - Kehadiran gula sebagai pemanis alami untuk segala kebutuhan masakan dan minuman, memang memiliki peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun apakah Anda mengetahui, ada perbedaan warna dan rasa manis dari gula yang biasa kita temui.

Ada yang berwarna putih, tetapi terdapat juga gula berwarna kuning. Dari segi penglihatan saja, mungkin Anda akan memilih gula yang berwarna putih untuk dikonsumsi. Padahal ternyata, gula kuning memiliki rasa yang lebih manis.

Selain gula kuning dan gula putih, ternyata ada banyak macam gula yang dikenal di dunia kuliner. Dan masing-masing jenis gula tersebut memiliki penggunaannya sendiri-sendiri. 
Gula Kuning

Berikut 6 macam gula kuning dan penggunaannya :

1. Gula kastor

Gula kastor memiliki tekstur yang lebih halus daripada gula pasir biasa. Warnanya juga putih dan terlihat bersih. Sangat cocok digunakan untuk pembuatan puding, agar-agar, kue kering dan sebagainya. Hal ini dikarenakan, warna dari gula ini tidak akan mengubah warna dari makanan yang dibuat.

2. Icing sugar

Icing sugar memiliki tekstur yang sangat halus, hampir menyerupai bubuk. Ini merupakan gula terbaik yang pernah ada, karena juga mengandung sari pati dari jagung. Kebanyakan, gula ini sering digunakan untuk lapisan kue bagian atas.

3. Gula pasir

Gula ini merupakan gula yang sering kita gunakan sehari-hari. Baik itu masakan, makanan ataupun minuman. Bentuknya seperti butiran-butiran halus yang berwarna putih.

4. Gula kasar

Gula ini bentuk butirannya lebih besar daripada gula pasir. Jika diraba dengan tangan, gula ini akan terasa kasar. Biasanya, penggunaan gula ini untuk dekorasi atau hiasan cake.

5. Dice sugar

Bentuk dari gula ini seperti dadu atau kubus ukuran kecil. Rasa manis yang dimiliki pun sangat tinggi dan memiliki nilai gizi yang lebih bagus. Sangat cocok untuk menambah rasa manis pada kopi dan the.

6. Gula palm

Gula ini memiliki warna yang kecoklatan. Bentuknya seperti gula pasir. Hanya saja, proses pembuatannya berbahan dasar palem atau pun nira. Orang juga sering menyebut gula ini adalah gula semut. Sering digunakan untuk lapisan atau mencampurnya dengan kue kering.

Demikian beberapa macam jenis gula dan cara penggunaannya yang disesuaikan untuk kebutuhan. Ternyata ada banyak jenis gula yang dipergunakan untuk berbagai resep makanan. Untuk kebutuhan sehari-hari, Anda bisa menggunakan gula putih dan gula kuning dari Gulaku. Semoga informasi ini bermanfaat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment