Bahan Pengawet Makanan Yang Mengandung Higroskopis

Bahan Pengawet Makanan
Penggunaan Bahan Pengawet Makanan berfungsi sebagai anti jamur atau antibakteri yang dapat menyebabkan makanan atau minuman mudah terkontaminasi dengan zat lainnya yang membuat makanan dan minuman mudah basi atau daya tahannya tidak lama. Kalau seperti itu, Anda membutuhkan bahan pengawet yang tepat untuk makanan dan minuman yang Anda produksi dalam skala besar, tapi jika untuk konsumsi pribadi sebaiknya jangan menggunakan bahan pengawet apapun kecuali bahan pengawet berbahan alami. Ada istilah bahan pengawet yang bersifat higroskopi, yaitu suatu zat yang dapat menyerap molekul air yang baik apalagi dipergunakan untuk bahan makanan agar tetap awet dan kadar air di dalamnya menjadi berkurang.

Jika kadar air pada makanan lebih banyak, maka dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan makanan tersebut mudah basi dan asam, sehingga kekuatannya tidak bertahan lama. Kalsium klorida merupakan salah satu zat yang bersifat higroskopis, sehingga kalsium klorida akan mudah larut dalam molekul-molekul air yang akan diserapnya. Biasanya makanan seperti roti, bolu, cake, atau sejenisnya akan mudah terkena jamur dan cepat basi. Misalnya saja kue basah atau jajanan pasar biasanya tidak akan bertahan lama jika tidak menggunakan bahan pengawet, sehari dua hari saja dari aromanya sudah tercium kurang sedap, apalagi dari rasanya sudah tidak enak lagi. 
Bahan Pengawet Makanan
Banyak pelaku industri makanan dan minuman yang menggunakan Bahan Pengawet Makanan pada produk yang dibuatnya supaya lebih awet dan tahan lama, apalagi makanan yang mudah terkena jamur tidak akan bertahan lama. Penggunaan bahan pengawet yang bersifat higroskopi ini sangat dibutuhkan untuk menyerap air pada makanan tersebut dan mengurangi pertumbuhan jamur lebih cepat. Penggunaannya pun harus tepat dan sesuai aturan agar lebih aman dan juga tidak berlebihan.

Lebih teliti lagi dalam menggunakan Bahan Pengawet Makanan yang aman dan direkomendasikan agar makanan dan minuman yang Anda produksi layak untuk dikonsumsi. Begitu juga dengan produk makanan yang Anda beli di pasaran harus memperhatikan label komposisinya apakah menggunakan bahan pengawet yang aman ataukah tidak.
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment