Beberapa Makanan Khas Jawa Barat Yang Wajib Anda Cicipi

kue tradisional Indonesia

Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar kata Jawa Barat? Pastinya jajanan yang enak dan murah meriah. Apalagi sekarang banyak sekali inovasi makanan dari Jawa Barat yang unik-unik, seperti seblak, basreng, cimol, gehu jeletot dan lain sebagainya. Kini kita bisa membuat kue tradisional Indonesia dengan melihat resep di ResepGulaku.com. Selain makanan yang gurih dan pedas, Jawa Barat Juga memiliki makanan manis yang lezat-lezat, diantaranya:

1. Surabi

Surabi merupakan salah satu iconnya kota Bandung. Tidak afdol rasanya jika jalan-jalan ke Bandung tidak mencicipi makanan khas yang satu ini. Surabi memiliki bentuk bulat yang hampir mirip seperti pancake. Terbuat dari tepung beras dan santan dan di panggang di tungku tanah, sehingga memiliki aroma yang khas. Jika dulunya surabi hanya diberi topping oncom, namun kini banyak sekali varian topping untuk surabi, diantaranya coklat, keju, dan lain sebagainya.

2. Colenak
kue tradisional Indonesia

Colenak merupakan sebuah singkatan yang berarti di cocol enak. Colenak ini terbuat dari tape yang dibakar diatas arang dan disajikan bersama adonan enten yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Seiring perkembangan zaman, anda juga bisa menemukan colenak yang disajikan bersama parutan keju dan meses yang pastinya anak muda pada suka.

3. Kue balok

Kue ini merupakan salah satu kue tradisional Jawa Barat yang sudah ada sejak tahun 60’an. Kue ini memiliki citarasa yang manis, karena terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu dan gula pasir. Dibuatnya dengan cara dipanggang diatas cetakan khusus berbentuk balok, maka tidak heran jika kue ini dinamakan kue balok. Kue ini banyak juga dijajakan di pinggir jalan kaki lima, sehingga anda bisa dengan mudah.

Itulah beberapa jenis makanan khas Jawa Barat yang wajib anda coba. Semua itu bisa anda buat sendiri dirumah dengan mengunjungi website Gulaku di ResepGulaku.com yang juga menyediakan berbagai resep kue tradisional Indonesia lainnya. Sehingga anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Bandung untuk bisa menyantap makanan diatas.
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment