Mengenal Aplikasi Helpdesk Indonesia

Mengenal Aplikasi Helpdesk Indonesia

Di dunia digitasl tentu kita banyak mengenal istilah-istilah yang tak lazim di dengar, berbagai aplikasi, sistem, network, dan lainnya memang sulit untuk dipahami begitu saja, tapi di era digital seperi saat ini memang menjadi salah satu daya tarik bagi siapa saja yang menggunakannya, karena akses yang begitu cepat, fleksibel, dan juga efisiensi terhadap waktu menjadi alasa kita menggunakan perangkat digital. Sebelum lebih jauh membahas tentang Aplikasi Helpdesk Indonesia, kita mengenal dulu apa itu helpdesk? 

Kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia memang artinya adalah “meja pembantu”, tapi kalau disempurnakan lagi maknanya adalah bisa dibilang sebagai customer service atau layanan pelanggan. Pasti dari kata tersebut Anda sudah sedikit memahami tentang helpdesk dan sama seperti customer service. Helpdesk disini adalah untuk memudahkan bagi perusahaan dalam menangani berbagai keluhan dari pelanggan atau pertanyaan dari pelanggan, dan biasanya perusahaan tersebut akan menyediakan aplikasi helpdesk atau bisa disebut contact center maupun service desk dan customer service.


Helpdesk yang digunakan disini sebagai SPOC atau Sinle Point Of Contact yang menjadi fasilitas sebagai sarana komunikasi bagi pelanggan dengan perusahaan, dengan tim atau staff, maupun penyedia layanan jasa atau produk. Biasanya para pelanggan atau pengguna akan menyampaikan keluhannya berupa pertanyaan atau pernyataan melalui e-mail, telepone, atau juga bisa melalui website yang telh disediakan oleh pengguna. 

Alurnya yang pertama adalah ketika keluhan atau pertanyaan dari customers pertama kali akan ditanggapi oleh tim dari Helpdesk, kemudian dibantu oleh sistem helpdesk dan tim helpdesk dapat memasukan berbagai masalah yang diajukan customers dan akan mencari solusinya. Jika ti dari helpdesk bisa menyelesaikan masalah tersebut, maka ticket helpdesk bisa langsung di close dan jika tidak, maka ticket di eskalasi ke bagian teknisi atau kepada tim support.

Tim dari support akan melakukan berbagai analisa dalam mencari solusinya, namun jika sudah di dapatkan solusinya, maka tim support selanjutknya akan memasukan solusi tersebut ke dalam aplikasi yang disebut dengan helpdesk system. Dengan begitu tim dari helpdesk bisa menindaklanjuti kepada customers. Namun, jika tim support atau bagian teknisi tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, maka status ticket akan dibuat menjadi pending, yang artinya masalah tersebut harus di assigned atau di eskalasi ke bagian vendor dalam penyedia produk. 

Dengan adanya sistem helpdesk tersebut, maka kinerja tim dapat diatur dengan mengikuti alur dari Helpdesk dalam menerima keluhan dari pelanggan dan membalasnya kembali dengan sistem. Bagi Anda yang memiliki perusahaan dan ingin menggunakan Aplikasi Helpdesk Indonesia ini, bisa langsung melalui website Sociomile atau Invosight sebagai penyedia platform tersebut.
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment