Semua jenis pemasaran pasti ingin mendapatkan leads yang berkualitas. Termasuk saat menjalankan content marketing atau pemasaran konten. Selain mengikuti SOP dan perencanaan yang sudah ditetapkan, Anda juga perlu mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam pemasaran konten. Jika mengetahui kesalahan tersebut, Anda bisa menghindari kesalahan untuk mendapatkan performa campaign yang lebih optimal.
Inilah Kesalah-Kesalahan dalam Content Marketing
Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan dalam pemasaran konten yang wajib dihindari:
1. Penulisan Tidak Khusus
Konten yang bervariasi memang terkesan tidak membosankan dan monoton. Akan tetapi Anda harus mengetahui apa itu pemasaran konten lebih mendalam dan apa saja fungsinya. Apabila konten bertujuan untuk menjalankan strategi pemasaran konten, maka buat konten spesifik.
Jangan menggunakan banyak tema, tapi buat tema khusus sesuai produk. Konten spesifik akan menjadi ciri dari brand Anda. Buat konten yang dibutuhkan oleh audiens yang mungkin membutuhkan produk Anda. Misalnya Anda menjual produk bayi, maka buat konten tema parenting saja jangan yang lain.
2. Konten Kurang Berkualitas
Produksi konten bukan hanya soal kuantitas saja, tapi juga soal kualitas. Jangan hanya memperhatikan seberapa banyak Anda dapat mempublikasikan konten, tapi perhatikan seberapa berguna konten tersebut. Hindari konten yang isinya sudah dibahas sebelumnya. Buat konten yang sifatnya informatif dan menarik bagi audiens yang akan membacanya.
3. Tidak Melakukan Optimasi SEO
Setelah posting konten apakah sudah selesai? Tentu saja belum, jika Anda anggap selesai maka hasilnya tidak maksimal. Pasalnya konten yang Anda posting belum tentu dilihat oleh audiens. Cara agar konten sampai ke audiens yaitu melakukan optimasi SEO.
SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik optimasi yang dilakukan agar konten muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Audiens cenderung melihat website di halaman pertama dibandingkan halaman lainnya. Jadi jika muncul di halaman pertama, maka akan menguntungkan untuk Anda.
4. Terlalu Banyak Konten Promosi
Kebanyakan pengguna internet saat ini sangat sensitif dengan berbagai bentuk promosi. Mereka akan merasa terganggu dengan promosi yang tiba-tiba muncul. Bahkan ada yang menganggapnya spam. Jika ingin menarik audiens, usahakan membuat konten yang tidak terlalu banyak promosi. Buat konten bersifat soft selling agar audiens masih tertarik untuk membaca.
5. Melupakan Fungsi Email
Pengguna media sosial memang sangat banyak. Meskipun begitu, Anda tidak boleh melupakan fungsi email. Bahkan pemasaran konten melalui email dianggap lebih efektif dibandingkan media sosial. Pasalnya penerima email biasanya adalah audiens potensial. Jadi kemungkinan melakukan pembelian lebih tinggi. Orang yang mendaftarkan emailnya adalah orang membutuhkan informasi dan promosi dari brand Anda.
6. Tidak Memantau Performa Pemasaran
Beberapa digital marketer merasa tidak perlu memantau performa pemasaran konten. Padahal ini adalah tahapan yang sangat penting untuk dilakukan. Analisis hasil dibutuhkan agar strategi pemasaran selanjutnya lebih efektif dan efisien. Jadi hasil sebelumnya digunakan sebagai acuan untuk menjalankan campaign selanjutnya.
7. Kurang Mempromosikan Konten
Kesalahan terakhir yang sering dilakukan yaitu kurang mempromosikan konten. SEO dan email termasuk cara mempromosikan konten Anda. Selain itu, ada juga iklan berbayar dan beberapa cara promosi konten lainnya. Jika konten tidak dipromosikan, maka konten tersebut tidak akan sampai ke audiens.
Itulah informasi mengenai kesalahan dalam content marketing yang wajib para pebisnis hindari. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga bisa bekerja sama dengan agensi digital IDEOWORKS. Tim yang kompeten dan berpengalaman bisa membantu menghindari masalah dan kesalahan yang terjadi dalam pemasaran konten. Dengan begitu, campaign bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Ayo hubungi tim IDEOWORKS sekarang juga melalui website resmi!
0 comments :
Post a Comment