Penyebab Dan Solusi Anak Terlambat Bicara


Masa anak – anak merupakan masa di mana masih banyak pelajaran yang harus diberikan oleh orangtuanya, mengajarkan anak – anak mengenai kebiasaan baik sedari dini sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan otak serta sistem saraf dalam tingkah laku dan tumbuh kembang anak setiap bertambah usianya. Pada umumnya anak usia 1,5 tahun sudah mulai bisa mengucapkan kata demi kata seperti mengucapkan mama papa yang merupakan panggilan untuk orangtuanya, kata demi kata yang dikeluarkan saat anak mulai bisa bicara akan terus berlanjut menjadi sebuah kalimat, apabila didukung dengan peran serta orangtua yang mengajarkannya untuk bicara dengan baik. Menurut pakar pemerhati anak, anak terlambat bicara jika usianya sudah tepat 2 hingga 3 tahun, sehingga saat usia anak 3 tahun belum bisa mengucapkan kata apapun, sebaiknya anda segera lakukan terapi atau periksakan ke dokter anak.
Sebelum menemukan solusi tepat untuk mengatasi keterlambatan bicara pada anak, akan lebih baik jika anda mengetahui apa penyebabnya, agar menemukan langkah – langkah penanganan yang tepat supaya anak dapat berbicara dengan baik sesuai dengan tahapan usianya. Kurangnya bersosialisasi merupakan penyebab pertama yang menjadikan anak susah untuk berbicara, anda hanya mendiamkan anak di rumah saja, tanpa memberikannya waktu bermain bersama teman sebaya. Sebagai solusi untuk permasalahan tersebut, sesekali anda dapat mengajak anak bermain di taman bermain sekitar tempat tinggal atau mengajaknya jalan – jalan agar Ia mengenal dunia anak – anak melalui sosialisasi yang baik yang diajarkan oleh orangtuanya. Minimnya komunikasi merupakan penyebab kedua yang dapat diatasi dengan interaksi antara anda sebagai orangtua dengan anak melalui kosa kata pengucapan yang jelas, tentunya dengan cara bicara yang benar.

Penyebab selanjutnya yaitu terhambatnya pendengaran anak, sehingga anak juga kesulitan dalam menirukan, memahami dan menggunakan bahasa serta kata yang diucapkan oleh orang lain. Sebagai solusi, anda dapat memeriksakan anak pada dokter khusus anak agar dapat hambatan pendengaran tersebut dapat diatasi dengan segera, sehingga anak anda dapat mulai berbicara. Penyebab anak terlambat bicara yang paling utama terletak pada kebiasaan yang sering dilakukan oleh orangtua yaitu memfokuskan anak pada satu kegiatan seperti menonton TV, dan pada satu permainan saja.
Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.