Tips Mengajarkan Anak untuk Melakukan Cara Hidup Sehat

Anak – anak merupakan sosok yang rentan terkena berbagai penyakit, hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat sensitifitas tubuh anak dan keingintahuannya yang besar terhadap sesuatu yang baru dikenalnya termasuk untuk masalah makanan. Banyak diberitakan oleh berbagai media elektronik dan masa, bahwa sudah banyak korban anak – anak keracunan makanan yang diakibatkan dari konsumsi makanan kurang sehat yang dibelinya di sekolah dan di tempat lainnya. untuk itu, disinilah pentingnya peranan orangtua untuk mengajarkan cara hidup sehat pada anak melalui beberapa langkah sebagai pemahaman penerapan pola hidup sehat yang harus mereka lakukan demi keberlangsungan kehidupan yang lebih baik menyangkut kesehatan.

 Anak yang sehat, dapat tumbuh lebih ceria dan berkembang dengan baik sesuai tahapan usianya, baik menyangkut pola fikir dan kecerdasan maupun kondisi fisik tubuh dan kesehatannya, untuk memperoleh hal tersebut, anda dapat menerapkan tips di bawah ini pada anak – anak anda.
  • Berikan pengertian dan pemahaman pada anak
Dalam hal ini, anda perlu mengajari anak dengan cara yang lebih disukai oleh anak – anak agar mereka lebih mengerti dan paham bagaimana cara melakukan hidup sehat dengan baik dan benar. Anda dapat memberikan pemahaman mengenai hal – hal yang boleh dilakukan dan di makan, serta yang tidak boleh dilakukan dan dimakan oleh anak – anak, selain itu ajarkan kebiasaan baik dan sehat pada anak mulai dari hal yang terkecil seperti buang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan dan kebiasaan sehat lainnya. pengertian mengenai manfaat dari penerapan pola hidup sehat juga perlu ditanamkan dan diajarkan sedari dini, agar anak lebih mau dan ingin melakukan hidup sehat seperti yang telah anda ajarkan.
  • Pengenalan Pada Makanan Sehat Sedari Dini
Penting sebagai orangtua untuk mengenalkan anak pada makanan sehat yang perlu dikonsumsinya, karena makanan sehat dapat mencukupi nutrisi, vitamin dan juga gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengenalkan anak pada makanan sehat yang wajib dikonsumsi seperti makanan olahan sendiri, buah, sayur dan lainnya sedari Ia masih kecil dapat anda lakukan, agar hal tersebut menjadi kebiasaan baik yang akan diterapkan oleh anak hingga Ia dewasa.
  • Ajarkan Anak untuk Menjaga Kebersihan
Kebersihan merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga dalam penerapan cara hidup sehat termasuk oleh anak – anak, anda dapat menanamkan sejak dini pada anak mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri untuk memperoleh kesehatan tubuh dan juga fisik. Ajarkan pada anak untuk mencuci tangan, kaki dan muka setelah pulang dari sekolah, biasakan anak untuk bangun pagi dan membereskan tempat tidurnya sendiri, mandi setiap hari dan mengajarkan cara menjaga kebersihan demi kesehatan lainnya.





Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar