Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun-an


Pertumbuhan dan perkembangan pasti terjadi pada setiap anak, hanya saja tahapan yang dilaluinya pasti memiliki perbedaan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, secara umum faktor tersebut terbagi dalam dua bagian yakni faktor internal dan faktor eksternal. Adapun pada faktor internal terdiri dari ras, kemudian keluarga, usia, jenis kelamin, faktor genetik, hingga kromos. Kemudian pada faktor eksternal atau lingkungan, pun terdiri dari beberapa jenis. 

Tahapan tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh faktor eksternal dimulai sejak konsepsi, atau pembuahan sel telur oleh sperma yang kemudian menjadi zigot hingga akhir hayat. Di dalamnya terdapat asupan gizi, zat kimia, faktor persalinan, adanya penyakit, kemudian hubungan psikologis antara anak dengan orang tua, faktor ekonomi, asupan obat-obatan dan lain sebagainya.

Pada dasarnya proses tumbuh kembang anak dilalui secara normal, normal dalam hal ini yakni merupakan hasil dari interaksi beberapa faktor di atas. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ialah usia. Penting untuk diketahui bahwasannya usia pun memberikan peranan penting dalam tahapan pertumbuhan juga perkembangan seseorang. Begitupun pada anak usia dua tahun. Berikut di bawah ini kami sajikan informasi bagi anda mengenai tahapan tumbuh kembang pada anak usia dua tahun secara umum.

Pada aspek kognitif serta sensorik, anak telah memiliki kemampuan berbicara walaupun hanya dua hingga 3 kosa kata yang mereka ucapkan. Namun dalam aspek ini, kosa kata yang mereka miliki mengalami peningkatan. Sehingga kemudian anak dapat berkomunikasi mengenai kebutuhannya kepada orang dewasa. Seperti merasakan haus, ingin makan, ingin pergi ke toilet dan hal lain semacam itu.

Tahapan yang selanjutnya ialah pada aspek fisik, di mana si kecil kini telah memiliki tubuh yang cukup kuat, pun menjadi lebih tinggi. Kemudian terjadinya pertambahan jumlah gigi, walaupun dalam keadaan yang sebenarnya jumlahnya cukup bervariasi.

Selain pada dua aspek yang di atas, tentu masih terdapat aspek lainnya yang mengalami tumbuh kembang anak seperti, motorik halus dan kasar, serta emosi dan sosial.
Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.