Tips Cerdas Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

makanan sehat untuk ibu hamil muda

Usia kehamilan yang masih muda terutama pada trimester awal bagi ibu-ibu yang hamil merupakan masa kehamilan yang masih rawan dengan terjadinya keguguran dan masalah yang lainnya. Dari hal tu maka memperhatikan akan apa saja yang dilakukan dan dikonsumsi menjadi penting sekali untuk selalu dijaga. Khususnya dalam konsumsi makanan maka memilih makanan sehat untuk ibu hamil muda bisa sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam perut ibu.

Konsumsi makanan untuk ibu hamil yang dipilih haruslah memperhatikan tidak hanya dari kesukaan atau rasanya saja yang enak. Dari itu makanan sehat untuk ibu hamil bisa dipilih dengan memperhatikan tips cerdas memilih makanan sehat untuk ibu hamil muda berikut ini.

  1. Konsumsi makanan dengan kandungan asam folat. Jenis makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi bisa didapatkan dengan memilih makanan seperti alpukat, strawbery, kacang polong, asparagus, wortel, brokoli, kacang merah, jagung, dan yang lainnya. Asam folat ini bermanfaat dalam mencegah keguguran serta membuat bayi lahir cacat dan prematur.
  2. Konsumsi makanan dengan biji-bijian utuh. Konsumsi makanan jenis biji-bijian utuh bermanfaat dalam mengatasi wasir saat hamil dan mencegah konstipasi. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi dalam biji-bijian. Jenis biji-bijian yang baik seperti nasi merah, sereal dari biji-bijian utuh, dan juga roti.
  3. Konsumsi makanan dengan kandungan zat besi. Kandungan zat besai dalam makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat bermanfaat dalam menjaga darah merah tetap seimbang sehingga mencegah akan anemia. Jenis makanan yang kaya dengan zat besi seperti daging unggas, daging sapi, beras merah, kacang-kacangan, makanan laut, serta berbagai kacang-kacangan.
  4. Konsumsi makanan dengan kandungan protein. Makanan dengan kandungan protein juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi makanan yang kaya akan protein sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Untuk jenisnya sendiri bisa didapatkan seperti dari daging tanpa lemak, ikan, daging unggas, dan juga telur. Konsumsi jenis makanan yang berprotein bisa dikonsumsi tiap harinya 2 atau 3 porsi.
Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.