Ketahui Cara Menjaga Kehamilan Tetap Sehat



Kehamilan tetap sehat merupakan harapan dan dambaan setiap ibu hamil dan pasangannya. Karena hal ini sedikit banyaknya menggambarkan kebaikan pada sang janin untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal, dan kekuatan bagi sang ibu untuk mempertahankan kehamilannya hingga masa kelahiran datang. Untuk itu, menjaga kehamilan merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil mulai dari trimester pertama hingga ke-tiga.

Pada dasarnya cara menjaga kehamilan setiap ibu dapat berbeda, hal ini disesuaikan dengan keadaan kehamilannya tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan, bahwasannya gejala kehamilan yang dirasakan akan berbeda, kemudian keadaan hormon yang juga berbeda, hingga bawaan janin, kondisi fisik, dan hal lainnya yang memiliki cukup banyak perbedaan. Dalam keadaan normal atau wajar, menjaga kehamilan secara umum yakni sebagai berikut:


  1. Melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan yang terpercaya, selain untuk memastikan usia kehamilan pada trimester pertama, pemeriksaan pun dilakukan untuk memeriksa resiko yang dikhawatirkan.
  2. Menyesuaikan diri dengan berbagai keluhan yang dirasakan saat memasuki awal kehamilan. Selain dari perubahan fisik, terdapat beberapa gejala kehamilan seperti mual yang disertai dengan muntah, pusing, badan terasa tidak bertenaga, kondisi emosional yang jauh lebih sensitif, serta gejala lainnya yang sering membuat tidak nyaman.
  3. Menjalin hubungan yang baik dengan pasangan serta anggota keluarga lainnya, tidak kalah pentingnya untuk menjaga kehamilan. Karena dengan hubungan yang baik dengan orang lain, ibu hamil akan merasa lebih tenang dan berbahagia. Dan tentnya hal ini akan berpengaruh pada kehamilannya.
  4. Mengatur pola makan. Karena saat hamil cenderung merasa mual, maka untuk mengatasinya makanlah dengan porsi sedikit namun dengan frekuensi yang cukup sering. Dan tak kalah pentingnya perhatikan jenis makanan yang hendak dikonsumsi.
  5. Istirahat serta konsumsi air putih yang cukup dapat membantu memulihkan kondisi fisik sang ibu. Terlebih bagi mereka yang sering merasa lelah walaupun hanya melakukan aktivitas ringan.


Demikianlah cara menjaga kehamilan, semoga bermanfaat.


Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar