Contoh Makanan Penunjang Perkembangan Janin

Pilihan Sehat Makanan untuk Ibu Hamil - Alodokter
perkembangan janin


Makanan yang baik untuk ibu hamil selalu menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang menginginkan  janin yang sehat. Jika tidak, akan berisiko tidak baik untuk perkembangan janin. Harus ada pengaturan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara tepat. 

Hampir semua makanan sehari-hari mengandung zat-zat penting yang diperlukan ibu hamil. Namun, beberapa makanan lain yang mungkin lebih dibutuhkan untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Berikut contoh makanan yang perlu dimakan oleh ibu hamil. 

1. Gandum atau nasi merah


Gandum merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung serat, vitamin E, serta selenium yang sangat bagus untuk janin. Jika tidak suka gandum, bisa menggantinya dengan beras merah. 
Catat, Ini Makanan Wajib Saat Hamil Muda untuk Tumbuh Kembang ...
(source:https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2017/12/09/3497714402.jpg)

2. Ubi


Ubi merupakan makanan yang penuh serat bergizi. Ada vitamin B6, potassium, vitamin C, zat besi, dan beta karoten. Kandungan tersebut baik untuk perkembangan mata,  tulang, dan kulit bayi. 

3. Telur dan daging unggas


Telur merupakan salah satu bahan makanan yang paling mudah didapatkan dan diolah menjadi berbagai makanan. Telur merupakan makanan sehat yang kaya kolin sangat baik untuk membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi. Selain itu, daging unggas seperti ayam dan bebek bisa  menjadi pilihan makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil. 

4. Kacang-kacangan


Ketika hamil, ada beberapa perempuan mengalami gangguan pencernaan, misalnya wasir atau konstipasi. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Selain itu, jenis kacang-kacangan seperti buncis, kedelai, kacang polong, dan kacang tanah banyak mengandung asam folat, protein, dan kalsium. 

5. Daging


Daging merupakan sumber protein yang baik untuk membantu menyuplai dosis vutamin B6 yang baik untuk pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Selain itu daging juga mengandung zat besi yang lebih cepat diserap oleh tubuh. Sehingga ibu hamil tidak khawatir kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia. 

Itulah beberapa contoh makanan yang baik untuk ibu hamil untuk perkembangan janin. Konsumsi makanan tersebut setiap hari secara bergantian agar bisa memvariasikan jadwal makanan ibu hamil agar tidak bosan. Selamat mencoba. 
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment