Situs Trowulan: Jendela Menuju Kejayaan Majapahit

Situs Trowulan

Situs Trowulan, sebuah kawasan arkeologi yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur, merupakan gerbang untuk menjelajahi kejayaan Kerajaan Majapahit. Di area seluas 10 kilometer persegi ini, terhampar berbagai peninggalan sejarah yang menceritakan kisah masa lampau kerajaan nusantara terbesar ini.


Menelusuri Jejak Sejarah


Situs Trowulan diyakini sebagai bekas ibukota Majapahit, kerajaan yang berjaya di Nusantara antara abad ke-13 hingga ke-16. Berbagai candi, petirtaan, kolam, dan struktur bangunan kuno lainnya tersebar di area ini, memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat Majapahit pada masa itu.


Candi-candi yang Menawan


Beberapa candi yang terkenal di Situs Trowulan antara lain Candi Brahu, Candi Bajangratu, Candi Wringin Lawang, dan Candi Tikus. Masing-masing candi memiliki keunikan arsitekturnya sendiri, dengan relief-relief yang menceritakan kisah-kisah mitologi Hindu dan kehidupan masyarakat Majapahit.


Peninggalan Berharga


Selain candi, Situs Trowulan juga menyimpan banyak peninggalan berharga lainnya, seperti arca, prasasti, koin, dan keramik. Peninggalan-peninggalan ini memberikan informasi penting tentang sejarah, budaya, dan ekonomi Kerajaan Majapahit.


Upaya Pelestarian


Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk melestarikan Situs Trowulan, seperti pemugaran candi, pembangunan museum, dan edukasi kepada masyarakat. Upaya ini dilakukan agar Situs Trowulan dapat terus menjadi sumber pengetahuan dan inspirasi bagi generasi mendatang.


Menjelajahi Situs Trowulan


Bagi yang ingin menjelajahi Situs Trowulan, tersedia berbagai pilihan wisata, seperti wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata edukasi. Pengunjung dapat mengunjungi candi-candi, museum, dan berbagai situs peninggalan lainnya.


Situs Trowulan: Warisan Budaya yang Tak Ternilai


Situs Trowulan merupakan warisan budaya yang tak ternilai bagi bangsa Indonesia. Situs ini menjadi bukti sejarah kejayaan Kerajaan Majapahit dan memberikan wawasan tentang kehidupan masyarakat pada masa lampau. Menjelajahi Situs Trowulan berarti menyelami kekayaan budaya bangsa dan melestarikan warisan sejarah untuk generasi mendatang.


Informasi Tambahan:


  • Lokasi: Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

  • Jam buka: 08.00 - 17.00 WIB

  • Harga tiket: Rp. 5.000,-

  • Fasilitas: Museum, taman, toilet, warung makan


Tips Berkunjung:


  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman

  • Bawalah topi dan air minum

  • Jagalah kebersihan dan kelestarian situs

  • Patuhi peraturan yang berlaku

Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment