Kenali Penyebab Haid Tidak Teratur

haid tidak teratur
Masalah haid tidak teratur sepertinya memang selalu menimbulkan tanda tanya besar. Pasalnya memang masalah haid yang tidak teratur menunjukkan bahwa organ reproduksi seorang wanita berada pada kondisi yang kurang normal. Iya haid sendiri pada dasarnya adalah peristiwa dinding rahim yang meluruh keluar menjadi darah haid. Haid pada umumnya dialami wanita selama 3 hingga 7 hari. Adapun jarak antara haid yang satu dengan haid selanjutnya pada umumnya yakni 21 hari hingga 35 hari. 

Kenali Penyebab Haid Tidak Teratur

Seseorang yang mengalami haid tidak lancar biasanya akan merasakan beberapa hal mulai dari muncul rasa nyeri dibagian perut, volume darah yang keluar terkadang cukup deras dan terkadang sangat sedikit, dan masih banyak lainnya. Berbagai faktor pun juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar salah satunya adalah adanya hormon yang tidak seimbang. 
haid tidak teratur
Hormon yang tidak seimbang menjadi pemicu haid yang tidak lancar. Hormon yang tidak seimbang ini biasanya dialami oleh wanita yang memasuki masa awal haid atau usia pubertas, kemudian wanita yang baru melahirkan, wanita yang mengalami usia menopause, atau wanita yang menyusui yang terkadang kadar hormonnya juga mengalami naik turun sangat drastis. 

Dalam masa ini, estrogen dan juga progesteron dapat berubah-ubah kadarnya sehingga jadwal haid pun menjadi lebih sulit untuk ditebak. Kemudian wanita yang telah memasuki masa menopause juga mengalami hal tersebut sehingga terkadang mereka lebih sering haid atau bahkan sangat jarang haid.

Kemudian yang juga menjadikan hormon tidak seimbang adalah adanya alat kontrasepsi. Iya secara tidak langsung, penggunaan alat kontrasespsi juga menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur.  Beberapa jenis alat kontrasepsi dapat menyebabkan haid yang cukup lama dengan volume yang banyak dan beberapa lainnya dapat menyebabkan wanita lebih sering haid atau bahkan dapat menyebabkan pendarahan diluar siklus haid. 

Selain itu stres juga dapat mengganggu keseimbangan hormon sehingga menyebabkan haid tidak lancar. Hal ini karena stres akan membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat membuat siklus haid Anda terkadang lebih cepat dan terkadang lebih lambat. 
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment