Cara Mencuci Dapur Set yang Benar

Meskipun sepertinya pekerjaan yang sepele, tapi mencuci dapur set bukanlah hal yang mudah. Ibu kerap melakukan kesalahan sehingga peralatan dapur justru kotor atau bahkan berkarat. Nah, kali ini kami akan memberikan tips untuk membersihkan peralatan dapur dan peralatan makan dengan benar.
Pisahkan Barang Berminyak dan Tidak
Sebelum mulai mencuci piring danperalatan dapur lainnya, pisahkan dulu mana barang yang mengandung minyak dan tidak. Misalnya seperti wajan, sendok sayur, dan mangkuk sayur harus dipisah dengan gelas, piring, dan sendok. Tujuannya agar tidak semua barang terkena minyak dan kotoran.
Setelah itu buah semua sisa makanan ke dalam sampah sebelum mulai mencuci peralatan dapur. Kalau tidak saluran air anda bisa buntu karena banyaknya sampah yang masuk. Nah, kalau begini jadinya tambah repot, bukan?
Dahulukan Gelas dan Barang yang Tidak Amis
Karena kebanyakan gelas tidak amis, maka dahulukan agar tidak terkena kotoran dari barang yang lain. Panci untuk merebus teh, air, dan panci pengukus juga bisa didahulukan. Jadi, barang tersebut tidak amis setelah dicuci dengan sabun.
Gunakan Sabun Khusus
Jangan sembarangan memakai sabun pembersih untuk mencuci piring karena bisa berakibat fatal. Kadang bahan tertentu kurang bisa menghilangkan kuman pada dapur set dan kadang justru meninggalkan zat kimia berbahaya. Gunakan sabun khusus seperti sunlight yang diformulasikan untuk menghilangkan kuman tapi mudah hilang dengan air.
Bilas di Air Mengalir
Bilasan peralatan dari sabun harus dilakukan dengan air mengalir. Kalau anda melakukannya dengan air menggenang, maka bakteri justru akan bertukar dari satu alat ke alat yang lain. Jadi sama saja dengan tidak dicuci, hanya permukaannya saja yang terlihat bersih tapi sebenarnya masih kotor. Bakteri juga lebih mudah berkembangbiak pada air menggenang, apalgi sudah tercemar kotoran. Jangan gadaikan kesehatan keluarga demi menghemat air.
Tips mencuci peralatan dapur di atas harus anda terapkan agar semua peralatan bersih, awet, dan sehat. Dengan begitu, keluarga menjadi lebih terlindungi dari ancaman penyakit pencernaan seperti diare, tifus, dan sebagainya. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Galih Pamungkas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

  1. wah keren ini idenya ..
    dan membantu sekali untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga...
    selain tips ini apa ada tips lain misalnya tips mencuci kaos kaki muslimah motif agar tetap awet

    BalasHapus