Cara Mudah Memperkenalkan Warna Pada Anak

Anak – anak akan tumbuh dari hari ke hari. Pertumbuhan ini bukan hanya sebatas pertumbuhan fisik mereka saja, mulai dari tumbuh gigi, rambut, dan bobot tubuh yang semakin membesar. Ada pertumbuhan lain yang pasti ikut serta sebagai tahap perkembangan anak, yaitu pertumbuhan psikis anak seperti kepribadian, karakter, keterampilan, hingga kecerdasan. Perkembangan tersebut tentu saja tidak selalu berkembang sendiri meskipun pada akhirnya lingkungan sekitar membantu bagaimana anak tumbuh. Kecerdasan juga tidak hanya muncul dengan sendiri tetapi juga dapat diasah dengan bantuan orang tua, seperti salah satunya dengan memperkenalkan anak pada macam – macam warna.


Memperkenalkan warna pada anak – anak adalah hal yang penting sebagai bagian dari tahap perkembangan anak. Warna dapat mentimulus kecerdasan otak anak sehingga sejak bayi bahkan pengenalan warna harus sudah diaplikasikan seperti memakai baju yang berwarna cerah, warna cat kamar yang cerah, mainan dengan warna yang cerah, dan sebagainya. Untuk itu, ada cara mudah untuk memperkenalkan warna pada anak, seperti:

Memperkenalkan warna melalui apa yang dilihat anak. misalnya, saat anda berjalan bersama dengan anak dan melihat benda sekitar dengan warna tertentu, anda bisa memperkenalkan jika benda itu berwarna merah, biru, kuning, dan sebagainya.

Selalu sertakan “warna” disetiap pembicaraan anda dengan anak, misalnya “kamu mau makan biskuit susu yang bungkusnya warna merah itu gak Nak?” atau “Nak, tolong ambilkan buku ayah dekat meja warna putih ya” atau “Adek suka minum susu Dancow yang lezat itu kan? Susu Dancow yang warnanya putih kesukaan kakak juga”

Mengajarkan warna juga bisa dilakukan sambil mengajak anak bermain, misalnya dengan bermain puzzle warna

Mengenali tahap perkembangan anak perlu kita lakukan karena anak usia balita adalah berada dalam fase golden age dimana segala pengetahuan dan keterampilan bisa diserap lebih cepat. Tentu saja selain dibekali bimbingan dari kita sebagai orang tua, kita juga harus memberikan nutrisi yang seimbang seperti makanan yang bergizi dan susu secara rutin untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan anak. Dancow sejak dulu sudah dipercaya menjadi salah satu brand susu terbaik untuk mendukung kecerdasan serta kesehatan anak kita dari masa ke masa.
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.