Tahapan Tumbuh Kembang Anak


Tumbuh kembang anak bayi dari sejak lahir hingga beberapa bulan kemudian memiliki perubahan yang berbeda setiap tahap nya. Sehingga anda selaku orang tua yang memiliki anak baru lahir haruslah peka terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. karena tumbuh kembang anak itu akan bergilir setiap fasenya, berikut bagaimana perjalanan pertumbuhan dan perkembangan anak itu :

Bayi dari usia 0 hingga 6 bulan
Pada rentang usia ini, bayi tidak akan banyak melakukan gerakan gerakan tertentu, akan tetapi bayi akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tertidur, bayi hanya bangun ketika hendak menysui pada ibunya atau apabila ada gangguan tertentu lainnya seperti basahnya popok atau ada suara – suara keras yang mengganggunya, namun dalam masa ini bayi tetap menunjukan pertumbuhan dan perkembangan tertentu pada bagian – bagian tubuh dan juga system di dalam tubuhnya. Pada masa ini anak sudah mulai mengenal suara, sentuhan dan warna, bahkan ketika menginjak usia 6 bulan ke atas bayi mulai duduk atau membolak balikan badannya.

Anak bayi usia 1 hingga 2 tahun
Baya pada masa usia ini sudah mulai melakukan banyak gerakan, bayi akan mulai lincah merangkak dan menjangkau setiap benda yang ada di dekatnya. Bahkan pada jarak usia ini normalnya bayi akan mulai belajar berjalan dan mulai tertarik pada hal – hal tertentu yang ada di sekitarnya.
Anak usia 2 hingga 5 tahun

Masa – masa ini adalah masa yang disebut dengan masa keemasan atau golden age nya anak – anak. karena pada masa ini tumbuh kembang anak akan semakin terlihat menakjubkan. Anak akan mulai berjalan, dan belajar berbicara. Ketika belajar berbicara anak akan mulai memiliki rasa penasaran dan gerakannya pun semakin aktif dan lincah, kadang jika anak terlalu aktif akan terlihat bandel namun pada dasarnya anak usia ini memang akan sulit diatur, hanya perlu sedikit pengarahan karena anak pada masa ini akan banyak mengingat hal – hal yang diperintahkan kepadanya. Oleh karena itu sebaiknya anda selaku orang tua jangan sampai kehilangan moment pada saat anak di masa – masa ini.
Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.