Perguruan Tinggi di Indonesia Mengedepankan Pendidikan Nilai


Pada jenjang pendidikan tingkat perguruan tinggi, orientasi pendalaman ilmu ialah pada karir di masa depan serta pengembangan potensi diri sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Akan tetapi, institusi perguruan tinggi bukan berarti dapat melupakan begitu saja terhadap masalah nilai dan moral para mahasiswanya. Karena sejatinya pendidikan nilai dan moral selalu harus ditanamkan guna membentuk lulusan yang berkompeten dan mempunyai kepribadian yang baik. Menanamkan pendidikan nilai dan moral dalam diri mahasiswa, tidak hanya bisa dilakukan melalui kegiatan atau muatan akademik di bangku perkuliahan saja. Akan tetapi, pembinaan kepribadian mahasiswa bisa saja diciptakan melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat non-formal juga non akademik.

Beberapa Universities in Indonesia berkomitmen tinggi mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi akademik yang tinggi saja. Akan tetapi, mereka bertekad mencetak lulusan yang juga memiliki kepribadian baik dan bermoral luhur. Alasannya jelas saja bahwa terlahir di dunia kerja hanya dengan modal prestasi akademik dan intelektualitas yang baik tidak cukup, hal tersebut perlu di lengkapi dengan kesadaran yang tinggi terhadap moral dan perilaku yang baik. Apalagi, kita bernaung di bawah pancasila yang sangat agung sebagai norma yang paling luhur. Beberapa perguruan tinggi Indonesia juga mengembangkan pendidikan nilai dan moral ke dalam kegiatan-kegiatan non akademik seperti kegiatan tutorial dan keagamaan untuk menanamkan nilai ketuhanan yang baik pada mahasiswa, atau kegiatan yang sifatnya pengabdian kepada masyarakat.

Mengingat pentingnya membentuk seseorang untuk menjadi manusia yang berkualitas baik akademik maupun kepribadiannya, banyak Universities in Indonesia sangat layak dijadikan pilihan untuk menimba ilmu dan mengasah kemampuan diri. Karena, untuk menjadi manusia berkualitas kita tidak boleh terbatas pada tingkatan pengetahuan saja. apalah gunanya pengetahuan dan gelar yang tinggi jika hal tersebut tidak di ikuti dengan kepribadian yang baik dan kesadaran moral yang tinggi. Maka, memilih memantapkan diri dengan kuliah di perguruan tinggi Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk membina kesiapan kita untuk berkecimpung di dunia yang lebih nyata lagi di kemudian hari.
Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.