Penunjang Tahap Pertumbuhan Anak


Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses alamiah yang terjadi pada tiap anak. Anak yang tumbuh dengan tahapan yang sesuai perkembangannya merupakan sesuatu yang diharapkan kedua orang tuanya. Anak dengan pertumbuhan yang diluar tahap pertumbuhan normalnya seperti  berat badan yang melebihi ukuran ideal usia anak menyebabkan orang tua menjadi khawatir . Untuk itulah orang tua perlu memperhatikan tahapan perkembangan anak  agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat menjadi suatu proses yang dilewati anak tersebut dengan baik sehingga  dapat membahagiakan kedua orang tuanya.
Berhubungan dengan aktivitas anak tentu saja orang tua perlu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak, berikut merupakan beberapa tips bagi orang tua dalam memperhatikan tahap perkembangan anak, tips tersebut diantaranya :
  1. Pastikan orang tua memiliki buku panduan atau sumber lain tentang berapa berat dan tinggi  badan anak dalam usia tertentu,  buku atau petunjuk tersebut bisa didapat orang tua dari posyandu, puskesmas atau sumber lain.
  2. Orang tua juga perlu memiliki pegangan tentang aktivitas fisik yang dilakukan anak pada usia tertentu, misalnya pada usia berapa anak mulai menendang bola, melompat, menyusun puuzzle, dll.
  3. Pastikan selalu terbangun komunikasi antar orang tua dan anak. Dalam tahap usianya walaupun masih kecil sebaiknya orang tua selalu berkomunikasi dengan anak mengenai aktivitas yang boleh dilakukan atau aktivitas yang jangan dilakukan.
  4. Pastikan orang tua berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman, misalnya orang tua kita atau dengan tenaga ahli misalnya tenaga kesehatan baik itu dengan dokter atau dengan petugas posyandu.

Anak terutama anak kecil pada dasarnya belum lah mengenal betul mana aktivitas yang baik dan dapat dilakukan atau mana aktivitas yang tidak baik yang tidak boleh dilakukan. Disini tentu saja peran orang tua yang diperlukan untuk membantu anak dalam melewati tahap perkembangan tersebut berdasarkan aktivitas yang dapat dilakukannya. Selain aktivitas, orang tua juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang diberikan pada anak salah satu asupan nutrisi yang diperlukan dalam tahap perkembangan anak adalah dengan mengkonsumsi susu. Susu mengandung hampir semua nutrisi yang diperlukan tubuh,  semua kandungan 4 sehat plus minerla terdapat didalam susu terutama kandungan calsium yang sangat diperlukan anak dalam masa pertumbuhannya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut Dancow hadir sebagai salah satu varian produsen susu formula yang sangat baik dikonsumsi karena sudah melewati proses pengolahan dan pengujian dengan baik berstandar Internasional.
Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.