Kriteria Penilaian UI Sebagai Universitas Terbaik Indonesia

Kriteria Penilaian UI Sebagai Universitas Terbaik Indonesia
Salah satu universitas terbaik Indonesia adalah UI. Sebagai universitas tertua di Indonesia UI telah mampu mengembangkan berbagai aspek di lingkungan UI mulai dari fasilitas, kualitas pendidikan, dan tentunya kualitas lulusan. Untuk lulus ke UI tidaklah mudah karena harus mengalahkan pesaing-pesaing lain yang ingin kuliah di UI. Oleh karena itu untuk masuk kuliah di UI harus mempersiapkan kemampuan kognitif yang matang.

Berdasarkan pemeringkatan Kemenristek Dikti pada tahun 2016 Universitas Indonesia berada pada peringkat ke-3 dari sekitar 3.300 perguruan tinggi se-Indonesia. Adapun indicator pemeringkatan ini adalah dosen (12%), kualitas dosen (18%), akreditasi (30%), kualitas kegiatan mahasiswa (10%), dan kualitas kegiatan penelitian (30%). UI mendapatkan skor 3.69 dari skala 4. Dengan skor ini posisi UI naik satu peringkat dibandingkan dengan tahun 2015. Pada tahun sebelumnya, Universitas Indonesia mencapai peringkat ke-4 dari 3. 

Namun berdasarkan survei lokal yang terakhir dari Globe Asia , UI mendapat peringkat pertama di antara universitas-universitas di Indonesia. Laporan ini berdasarkan survey dan analisis tentang peringkat universitas dan pendidikan di Indonesia yang dilakukan oleh sejumlah media masa. Universitas Indonesia dinilai sebagai Universitas yang paling vibrant di Indonesia. Adapun kriteria UI sebagai universitas terbaik Indonesia adalah kualitas lulusan, citra yang baik, kepuasan industri yang menggunakan tenaga kerja, kualitas pengajaran, metodologi pendidikan, kualitas fasilitas kampus yang berbasis lingkungan taman hutan raya yang hijau, serta keketatan persaingan masuk ke perguruan tinggi. 

Tatanan kampus yang 75% dijadikan menjadi hutan kota menjadi daya tarik UI karena para mahasiswa akan memiliki persediaan oksigen yang segar serta suasana hijau dapat menetralkan pikiran setelah seharian bergumul dengan buku. Maka tak heran jika UI selalu menelurkan lulusan yang berkualitas Karena cara belajar mereka didukung dengan keadaan alam yang masih bersahabat.

Bagaimana pun juga berbagai versi menilai UI, namun UI tetap menjadi universitas terbaik Indonesia. Hal ini dapat dinilai dari berbagai aspek namun kepercayaan masyarakat terhadap UI semakin besar. Hal ini dapat dilihat penyeleksian mahasiswa baru semakin ketat dengan adanya pesingrid yang semakin tinggi. Oleh karena itu untuk lolos seleksi ke UI harus persiapan secara matang.
Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar