Jenis Test Toefl Dan Manfaatnya


Toefl menjadi hal yang tidak asing lagi di dunia bahasa inggris karena sudah menjadi rahasia umum penguasaan toefl ini diperlukan. Toefl singakatan dari test English as a foreign language yang artinya tes bahasa inggris sebagai sebuah bahasa asing. Toefl ini banyak manfaatnya sehingga banyak orang yang mau mengikuti tes toefl tersebut jauh – jauh hari di rencanakan. Toefl preparation tentu ini harus menjadi langkah awal agar ketika test nanti bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.
Secara umum ada 3 jenis test toefl yang biasa dijadikan acuan untuk test diantaranya :
PBT atau paper based test

Walaupun test yang pertama ini sudah jarang digunakan namun dulunya test ini sering digunakan yaitu menggunakan kertas sebagai sarana untuk digunakan ketika tes yaing biasa sering disebut dengan tes tulis.

  • PBT atau paper based test
Walaupun test yang pertama ini sudah jarang digunakan namun dulunya test ini sering digunakan yaitu menggunakan kertas sebagai sarana untuk digunakan ketika tes yaing biasa sering disebut dengan tes tulis.
  • CBT atau computer based test
Seiring dengan perkembangan zaman test toefl ini sekarang berkembang dengan menggunakan computer namun sama ini juga sudah jarang digunakan karena di nilai kurang valid ketika dalam pelaksanaan baik secara materi ataupun skor yang akan di dapat.
  • IBT atau internet based test
Test toefl yang sekarang sering digunakan adalah dengan menggunakan media internet untuk melaksanakan test toefl tersebut. Penggunaan test berbasis internet di Indonesia sudah digunakan kurang lebih 10 tahun yang lalu yaitu lebih tepatnya pada tahun 2006. Test inilah yang diakui oleh semua pihak saat ini untuk bisa digunakan sebagai persyaratan apapun.

Menggunakan hasil test toefl menggunakan internet ini yang paling di akui saat ini. Berbagai manfaat bisa kita dapatkan dengan mengikuti test toefl tersebut yang tentunya harus ada toefl preparation agar dapat nilai yang tinggi. Berikut manfaat dari test toefl diantaranya adalah sebagai berikut ini :
  • Bisa digunakan untuk mendapatkan beasiswa untuk S2 bagi anda yang sudah selesai pendidikan S1nya.
  • Bisa digunakan untuk mendaftar ke universitas luar negeri.
  • Bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.
  • Sebagai tolak ukur kemampuan berbahasa inggris yang anda kuasai.
Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.