UI Kembali Menjadi Best University In Indonesia

UI Kembali Menjadi Best University In Indonesia

Best university in Indonesia kembali menjadi milik Universitas Indonesia (UI). Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 menobatkan Universitas Indonesia sebagai Universitas terbaik di periode tahun 2017/2018 dimana hasilnya telah dirilis pada hari kamis tanggal 8 Juni 2017. Peringkat UI sendiri berada pada posisi 277 dari jumlah peringkat 325 dunia.

QS World university adalah lembaga pemeringkatan universitas-universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds yang merupakan salah satu perusahaan terkemuka asal inggris di bidang pendidikan. Pemeringkatan QS ini menjadi salah satu jenis pemeringkatan yang telah banyak dijadikan referensi oleh KEMENRISTEKDIKTI untuk mengukur kualitas perguruan-perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University. Disamping Quacquarelli Symonds (QS) pemerintah Indonesia juga menjadikan dua lembaga pemeringkatan lainnya yaitu World Universities dan Times Higher Education World University Rankings.

UI Kembali Menjadi Best University In Indonesia
Periode ini, QS telah melakukan pengukuran kinerja dan pemeringkatan terhadap lebih dari 950 perguruan tinggi di 84 negara di dunia. QS menggunakan 6 indikator dalam pemeringkatannya kali ini, meliputi : Academic reputation sebanyak 40%, Employer reputation sebanyak 10%, Faculty or Student ratio sebanyak 20%, Citation per faculty sebanyak 20%, yang terakhir adalah berupa indikator International faculty (5%) dan International Student (5%).

Mengutip dari penjelasan Humas Universitas Indonesia, UI telah bertahan sebagai Universitas terbaik di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut dalam hasil pemeringkatan QS. Dimulai sejak tahun 2016, UI telah menmprioritaskan pelaksanaan konferensi Internasional guna memacu budaya riset ilmiah dan meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah Internasionalnya. Dimana UI telah menjadi tuan rumah 24 konferensi Internasional, seperti konferensi drug development and delivery, medical treatment technology, dan lainnya.

Selain itu dalam upaya menghasilkan lulusan terbaik dan unggul, UI berkomitmen untuk menjaga mutu pengajaran, penelitian, dan pengabdian dalam masyarakat. Pencapaian UI sebagai Universitas terbaik di Indonesia juga menunjukkan bahwa saat ini institusi pendidikan di Indonesia semakin diperhitungkan odi mata dunia.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai best University in Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menjadi bahan acuan Anda dalam memilih Universitas di Indonesia. Good luck.

Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment