6 Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli Dengan yang Palsu

Perhiasan berlian asli

Berlian menjadi salah satu batu permata yang paling banyak diminati oleh kaum hawa. Bukan saja harganya yang mahal dan bentuknya yang cantik, namun berlian juga bisa menjadi barang investasi yang menguntungkan. Karena itulah tidak heran jika banyak dari mereka yang membeli perhiasan berlian asli sebagai koleksi.

Sebagai batu permata yang banyak diminati, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan berlian kemudian menjualnya dengan label asli. Jika dilihat secara sekilas, berlian asli dan berlian palsu memiliki tampilan yang sangat mirip. Untuk membedakannya, perlu dilakukan pengetesan pada sebuah berlian. Tidak perlu pengetesan yang rumit, pengetesan sederhana pun sudah mampu menunjukkan perbedaan berlian asli dan palsu.

Membedakan Perhiasan Asli Dengan yang Palsu



Bagaimana cara mengetahui perbedaan perhiasan berlian asli dan perhiasan berlian yang palsu? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengetesnya.

Tidak mudah tergores


Cara pertama membedakan perhiasan berlian yang asli dengan yang palsu adalah dengan menggoresnya. Berlian asli tidak mudah tergores, bahkan ketika Anda menggoreskannya pada kaca atau menggoresnya dengan amplas. Berlian asli memiliki struktur yang kokoh dan kuat sehingga bisa bertahan terhadap goresan.

Sedangkan pada berlian palsu, permukaannya akan mudah tergores. Hal ini dikarenakan unsur utama pembuat berlian palsu adalah cubic zirconia. Unsur ini merupakan unsur yang banyak digunakan untuk membuat berlian tiruan atau berlian sintetis. 

Tidak mengapung di air


Cara yang kedua adalah dengan memasukkannya ke dalam wadah berisi air. Perhiasan berlian asli akan tenggelam. Hal ini dikarenakan berlian yang asli memiliki tingkat kerapatan yang tinggi sehingga membuatnya tenggelam. Sedangkan berlian palsu ketika dimasukkan ke dalam wadah berisi air akan melayang atau mengapung. 

Tidak berembun


Cara yang ketiga adalah dengan meniup permukaan berlian. Ketika Anda meniup permukaan berlian, akan muncul kabut atau semacam embun di bagian tersebut. Jika kabut itu bisa cepat menghilang dari permukaan berlian, hal ini menandakan berlian yang Anda pilih adalah berlian asli. Sebaliknya, kabut pada berlian palsu akan lebih lama menghilang dari permukaan. 

Pantulan warna pada berlian


Cara yang keempat adalah dengan mencoba pantulan warna. Tahukah Anda? Perhiasan berlian asli hanya memantulkan warna abu-abu saja. Jika Anda mendapati berlian yang mampu memantulkan beragam warna, Anda patut curiga karena hal ini menandakan berlian tersebut palsu.

Pantulan tulisan


Cara yang kelima adalah dengan mencoba pantulan tulisan. Tempatkan berlian di atas sebuah buku atau koran yang penuh dengan tulisan. Berlian yang asli tidak mampu memantulkan tulisan-tulisan yang ada di koran atau buku tersebut. Hal ini dikarenakan berlian asli memiliki struktur yang rapat sehingga menghalangi cahaya masuk. Akibatnya, tidak ada pantulan tulisan dari koran atau buku pada berlian.

Sedangkan berlian palsu mampu memantulkan tulisan yang ada pada buku atau koran dengan jelas karena struktur penyusunnya tidak serapat berlian asli.

Perbedaan bagian tepi berlian


Cara yang keenam adalah dengan melihatnya menggunakan loupe atau kaca pembesar. Gunanya adalah untuk melihat bagian tepi berlian. Dengan bantuan kaca pembesar, Anda bisa membedakan bentuk bagian tepi dari berlian yang sedang Anda amati. Berlian asli memiliki tepi yang tajam. Sedangkan untuk berlian yang palsu, Anda bisa melihat bagian ujung tepinya berbentuk bulat.

Demikian 6 cara membedakan perhiasan berlian asli dengan perhiasan berlian yang palsu. Ternyata tidak sulit membedakan batu permata dengan harga mahal ini. Untuk itu, jangan sampai Anda salah membeli berlian palsu hanya karena Anda tidak bisa mengecek keasliannya.

Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment