Tips Kehamilan yang Sehat dan Manfaat Utama Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan fase penting bagi seorang wanita, saat dimana nutrisi yang cukup sangat penting untuk perkembangan janin yang optimal. Salah satu nutrisi yang memiliki andil besar saat sedang hamil ini adalah asam folat untuk ibu hamil

Asam folat ini sendiri merupakan salah satu vitamin B kompleks, dan dikenal sebagai vitamin B9. Asam folat ini dapat ditemukan dalam bentuk suplemen dan berbagai jenis makanan seperti sayuran berdaun hijau, jeruk, kacang-kacangan dan lain sebagainya.  

Manfaat Utama Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Adapun berbagai manfaat utama yang ditawarkan oleh asam folat untuk ibu hamil ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

Mencegah Kelainan Tabung Saraf

Salah satu manfaat penting dari asam folat selama kehamilan adalah, dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap kelainan tabung saraf pada janin. 

Yang mana kelainan ini bisa terjadi pada awal perkembangan janin, dan dapat menyebabkan permasalahan serius pada sistem saraf janin. 

Pertumbuhan Jaringan Plasenta yang Sehat

Plasenta adalah sebuah organ yang menghubungkan ibu hamil dengan janin yang ada di dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, sejatinya dapat mendukung perkembangan serta pertumbuhan yang sehat dalam tubuh ibu hamil. 

Membantu Produksi Sel Darah Merah

Asam folat memiliki peranan penting dalam pembentukan sel darah merah pada tubuh ibu hamil, yang bisa mencegah anemia dan peningkatan volume darah.

Sebab dalam fase kehamilan, volume darah dalam tubuh ibu hamil akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Pencegahan Komplikasi Preeklampsia

Asam folat juga dapat mengurangi pengurangan resiko terjadinya preeklamsia pada ibu hamil. Yang mana ini merupakan sebuah komplikasi serius yang dapat terjadi pada kehamilan, serta mempengaruhi tekanan darah dan organ tubuh. 

Setelah meninjau ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa, asam folat adalah nutrisi penting yang tidak boleh diabaikan keberadaannya selama dalam fase kehamilan. 

Bagi sahabat MAKUKU yang tengah hamil, disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil nya dengan dosis yang tepat, dan bisa mengkonsultasikannya dengan dokter atau ahli gizi terdekat. 



Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment