Akibat Mata Merah: Inilah Penyebab Serta Cara Mengatasinya dengan Tepat

Akibat Mata Merah
Mata merah merupakan sebuah kondisi permasalahan kesehatan umum yang biasa terjadi pada siapa saja. Akibat mata merah ini, nyatanya bisa menjadi hal yang serius bila tidak segera tidak ditangani dengan tepat.

Lantas apa sajakah penyebab mata merah ini? Dan bagaimana cara penanganannya yang tepat? Simak semua jawabannya di bawah ini. 

Penyebab Terjadinya Mata Merah

Adapun yang menjadi penyebab akibat mata merah ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Iritasi

Mata merah bisa disebabkan karena terkena iritasi, yang bisa berasal dari polusi udara, paparan asap rokok, atau bisa juga dari bahan-bahan kimia tertentu. 

  • Masuknya Benda Asing

Benda asing atau partikel lainnya yang masuk kedalam mata, juga bisa menjadi pemicu terjadinya permasalahan mata yang memerah.

  • Reaksi Alergi

Beberapa orang akan mengalami reaksi alergi terhadap serbuk sari, debu, atau zat alergen lainnya, yang bisa memicu terjadinya mata yang merah. 

  • Mengalami Penyakit Mata Serius

Mata yang merah juga bisa disebabkan karena akibat dari mengalami beberapa penyakit serius, yakni diantaranya uveitis, glaukoma, dan lain sebagainya. 

Cara Penanganan yang Tepat

Ketika mata yang sudah terlihat memerah, maka berikut beberapa cara penanganannya yang tepat. 

  • Istirahatkan Mata Anda Sejenak

Mengingat mata merah bisa terjadi karena akibat kelelahan, maka Anda bisa melakukan istirahat mata sejenak ketika Anda sedang melakukan aktivitas. Keluar ruangan sejenak, untuk sekedar mencari udara segar agar mata juga bisa menjadi terasa lebih fresh. 

  • Kompres Air Dingin

Mengompres mata dengan air dingin setidaknya bisa membantu meredakan iritasi dan juga pembengkakan pada mata Anda. Gunakan kapas atau kain yang bersih untuk melakukan kompres air dingin ini. 

  • Menggunakan Air Mata Buatan

Jika mata merah Anda terjadi karena akibat kekeringan, maka bisa segera menggunakan air mata buatan, agar bisa membuat mata tetap terhidrasi dengan baik. 

Ketika mendapati mata merah, sudah seharusnya Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Sebab akibat mata merah ini, tentunya selain bisa memperparah kondisi mata, juga akan mengurangi kenyamanan Anda selama beraktivitas.

Selalu sediakan obat tetes mata Insto di rumah, untuk pengobatan pertama yang bisa Anda lakukan, ketika mendapati mata yang sudah terlihat memerah. 



Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment