Batas Konsumsi Garam Per Hari Berdasarkan WHO

Batas Konsumsi Garam Per Hari


WHO (World Health Organization) adalah organisasi kesehatan dunia yang bertugas mengatur isu-isu kesehatan. Salah satunya yaitu memberikan anjuran mengenai batas konsumsi garam per hari. Setiap orang dianjurkan mengikutinya untuk membantu menjaga kesehatan. Pasalnya, konsumsi garam berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan. 

Apa Dampak Konsumsi Garam Berlebihan?

Ada alasan mengapa konsumsi garam harus dibatasi. Alasannya tentu saja karena garam yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan, seperti:

  1. Menyebabkan hipertensi dan sakit jantung

Dampak konsumsi garam berlebihan yang pertama yaitu hipertensi dan sakit jantung. Ketika terlalu banyak mengkonsumsi garam, maka akan berpengaruh pada tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi lama kelamaan akan merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

  1. Mengganggu fungsi ginjal

Bukan hanya jantung saja, garam yang berlebihan juga mengganggu fungsi ginjal. Pasalnya, ginjal bekerja ekstra untuk menyaring protein berlebih dalam darah. Akibatnya terjadi penurunan fungsi ginjal. 

  1. Memicu perut kembung dan otot kejang

Perut bisa kembung karena tubuh akan berusaha menahan banyaknya cairan agar keseimbangan terjaga. Bukan hanya perut kembung saja, garam berlebih juga membuat otot kejang. 

  1. Sering sakit kepala

Sering merasakan sakit kepala? Itu mungkin disebabkan karena konsumsi garam yang berlebihan. Garam berlebih membuat volume darah meningkat sehingga membutuhkan ruang lebih. Tekanan tersebut membuat kepala menjadi sakit. 

Batas Konsumsi Garam Per Hari Berdasarkan WHO

Berikut ini merupakan anjuran konsumsi garam per hari dari WHO (World Health Organization):

  • Usia di bawah 1 tahun (kurang dari 1 gram sehari)

  • Usia 1-3 tahun (kurang dari 2 gram sehari)

  • Usia 4-6 tahun (kurang dari 3 gram sehari)

  • Usia 7-10 tahun (kurang dari 5 gram sehari)

  • Usia 11 tahun ke atas (kurang dari 6 gram sehari)

  • Penderita gangguan jantung (kurang dari 1,5 gram sehari)

Itulah informasi dan pembahasan mengenai batas konsumsi garam per hari berdasarkan organisasi kesehatan dunia atau WHO. Sementara Kementerian Kesehatan sendiri membatasinya sebanyak 2000 mg per hari per orang. 

Anda tidak perlu takut menggunakan garam. Asalkan sesuai anjuran, maka tidak akan ada masalah. Masako menawarkan varian yang lebih rendah garam yaitu Masako Rasa Ayam Gurih Pas. Kandungan garam atau natriumnya 25% lebih rendah dari varian biasa. 


Share on Google Plus

About windiariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment