MENERAPKAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP ANAK DENGAN CERMAT



Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang ditemui oleh anak ketika ia mengenal dengan lingkungan serta menemukan tempat untuk hidupnya. Dari keluarga inilah anak akan dibentuk karakternya sejak dini yang siap dipakai pada lingkungan lainnya atau bisa dikatakan siap berinteraksi dengan lingkungan sosial lainnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan anak dan keluarga merupakan hal yang pasti dialami oleh semua orang sebagai wujud dan lagkah dalam pembentukan karakter pertama kalinya. Pola asuh anak merupakan langkah penting yang harus diperhatikan, apalagi oleh lingkungan keluarga yang bisa dimulai sejak anak masih berusia balita, agar ketika anak sudah besar nanti akan siap berinteraksi dengan lingkungan sosialnya secara berperilaku baik.

Semua orangtua akan selalu menginginkan yang terbaik bagi anak – anaknya. Sehingga dari perasaan inilah muncul motivasi orangtua untuk memiliki perilaku tertentu dalam pola asuh anak mereka dan segala hal baik pun akan dilakukan demi mendapatkan anak yang berperilaku baik. Perilaku mengasuh dan mendidik anak memang sudah menjadi pola yang diterapkan diluar batas pemikiran serta dapat berpikir begitu saja ketika menjadi orangtua. Karena ada banyak sekali hal yang dipelajari oleh anak dari pengaruh lingkungan keluarga. Misalnya kasih sayang dan cinta kasih yang anak kembangkan dalam hubungan sosialnya, akibat dari pengaruh yang diberikan dari orangtua juga, yang bahkan sangat erat hubungannya dengan apa yang anak terima dan rasakan dalam keluarganya. Berikan ia susu dancow sebagai tahap pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Serta untuk membantu ia dalam proses belajarnya menjadi lebih aktif, kreatif dan inovatif.

Selain itu, pada kenyataannya, banyak yang menemukan dampak pendidikan anak, misalnya, anak yang selalu dimarahi, maka ia akan selalu terbiasa memarahi teman – temannya ketika mereka salah, dan anak yang selalu di olok-olok, maka ia akan menghina dan mengolok temannya ketika anak mendapatkan candaan. Selain itu, ketika anak merasa disayangi, anak akan belajar untuk berbagi kasih sayang dengan temannya. Oleh karena itu, bangun karakter dalam diri anak dengan karakter baik sejak dini yang Diawali dengan hal baik pula dari cara penerapan pendidikan untuk pola asuh anak.
Share on Google Plus

About Windi Ariska

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar